Kamis, 29 Desember 2016

Games : Burung dan Sangkar

GAMES : BURUNG DAN SANGKAR

A.    PENDAHULUAN
Permainan atau Gim merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok).
Di lingkungan yang masih terlihat keakraban antar anggota masyarakat, banyak permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan salah satu permainan dan tercipta keakraban. Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern.

B.     DEFINISI PERMAINAN & MANFAAT BERMAIN BAGI PEMBELAJARAN ANAK
Pengertian permainan-Conny R. Semiawan (2008:19-20) mengungkapkan bahwa permainan adalah erbagai kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. Permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya dari yang tidak anak kenal sampai pada yang anak ketahui dan dari yang tidak dapat diperbuatnya sampai mampu melakukannya. 
Permainan merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan bagi anak yang mampu mengembangkan seluruh aspek pengembangan anak. Permainan bagi anak yaitu permainan yang mengandung nilai pendidikan karena melalui permainan tersebut anak belajar mengembangkan segenap aspek.

Manfaat Permainan Bagi Pembelajaran Anak
Cara belajar yang baik salah satunya adalah dalam suasana tanpa tekanan dan paksaan. Cara belajar yang menyenangkan adalah sambil bermain. Teknik mengajar dengan permainan sangat efektif untuk menjelaskan suatu pengertian yang bersifat abstrak dan konsep yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.
Menurut Mayke S. Tedjasaputra (2001:38-44),bermain mempunyai beberapa manfaat, yaitu:
1.      Mengembangkan aspek fisik
Bermain memberikan kesempatan untuk mengembangkan gerakan halus dan kasar.
2.      Mengembangkan aspek social
Sikap social, komunikasi, mengorganisasi peran, dan interaksi sesame teman akan berkembang melalui permainan.
3.      Mengembangkan aspek emosi
4.      Mengembangkan aspek kognitif

C.     URAIAN PELAKSANAAN
Ø  Nama Permainan : BURUNG DAN SANGKAR
Ø  Goal Permainan : Melatih kecepatan dan konsentrasi
Ø  Sarana keperluan
1.         Bahan atau peralatan : Tiada
2.         Tempat : Kawasan lapang
3.         Bilangan kanak – kanak : setiap kumpulan mengandungi tiga orang
Ø  Peraturan permainan
1.      Setiap kumpulan mengandungi tiga orang kanak – kanak. Dua orang menjadi sangkar dan seorang lagi menjadi burung.
2.      Setiap kali burung terbang keluar mereka tidak boleh balik ke sangkar  asal  
mereka, sebaliknya mereka masuk sangkar lain.
Ø  Cara bermain
Versi 1
1.      Dua orang kanak – kanak  menghadap antara satu sama lain berpegang tangan untuk menjadi sarang.
2.      Seorang kanak – kanak lagi menjadi  burung jongkok dalam sarang.
3.      Terdapat juga beberapa burung di luar sangkar yang tidak mempunyai sangkar.
4.      Apabila instruksi, “ Burung terbang ! “ ataupun bunyi wisel semua  burung perlu terbang di luar sarang, termasuk burung yang tidak mempunyai sangkar.
5.      Apabila instruksi, “ Burung pulang ! “ ataupun bunyi wisel, semua burung perlu mencari sangkar.
6.      Burung tidak boleh kembali ke sangkar asal mereka dan mesti bertukar sangkar lain.
7.      Ulang beberapa kali.
8.      Kanak – kanak yang menjadi sarang pula bertukar menjadi burung.
9.      Ulang permainan itu berapa kali.

Versi 2
1.      Berikan instruksi Burung, sangkar atau kebakaran secara acak.
2.      Jika instruksinya adalah burung, maka anak-anak yang menjadi burung harus mencari sangkar lain, sedangkan ketika instruksinya adalah sangkar maka anak yang berperan sebagai sangkar harus mencari burung lain.
3.      Jika instruksi nya adalah kebakaran, maka semua anak berhamburan dan berganti pasangan.
4.      Ulang beberapa kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar