GAMES : BURUNG
DAN SANGKAR
A. PENDAHULUAN
Permainan
atau Gim merupakan sebuah
aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang,
mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan
sendiri atau bersama-sama (kelompok).
Di lingkungan yang masih terlihat
keakraban antar anggota masyarakat, banyak permainan yang dilakukan oleh
anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di
teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan
salah satu permainan dan tercipta keakraban. Beberapa permainan ini karena
tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional,
sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya
menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern.
B.
DEFINISI PERMAINAN & MANFAAT BERMAIN BAGI PEMBELAJARAN ANAK
Pengertian
permainan-Conny R. Semiawan (2008:19-20) mengungkapkan bahwa permainan adalah
erbagai kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat
meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar.
Permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya dari yang tidak anak
kenal sampai pada yang anak ketahui dan dari yang tidak dapat diperbuatnya
sampai mampu melakukannya.
Permainan
merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan bagi anak yang mampu mengembangkan
seluruh aspek pengembangan anak. Permainan bagi anak yaitu permainan yang
mengandung nilai pendidikan karena melalui permainan tersebut anak belajar
mengembangkan segenap aspek.
Manfaat Permainan Bagi Pembelajaran Anak
Cara
belajar yang baik salah satunya adalah dalam suasana tanpa tekanan dan paksaan.
Cara belajar yang menyenangkan adalah sambil bermain. Teknik mengajar dengan
permainan sangat efektif untuk menjelaskan suatu pengertian yang bersifat
abstrak dan konsep yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.
Menurut
Mayke S. Tedjasaputra (2001:38-44),bermain mempunyai beberapa manfaat, yaitu:
1.
Mengembangkan aspek fisik
Bermain memberikan kesempatan untuk mengembangkan gerakan
halus dan kasar.
2.
Mengembangkan aspek social
Sikap social, komunikasi, mengorganisasi peran, dan
interaksi sesame teman akan berkembang melalui permainan.
3.
Mengembangkan aspek emosi
4.
Mengembangkan aspek kognitif
C.
URAIAN PELAKSANAAN
Ø Nama Permainan : BURUNG DAN SANGKAR
Ø Goal
Permainan : Melatih kecepatan dan konsentrasi
Ø Sarana keperluan
1.
Bahan atau peralatan : Tiada
2.
Tempat : Kawasan lapang
3.
Bilangan kanak – kanak : setiap kumpulan mengandungi tiga
orang
Ø Peraturan permainan
1. Setiap kumpulan mengandungi tiga
orang kanak – kanak. Dua orang menjadi sangkar dan seorang lagi menjadi burung.
2. Setiap kali burung terbang keluar
mereka tidak boleh balik ke sangkar
asal
mereka, sebaliknya mereka masuk sangkar lain.
Ø Cara bermain
Versi 1
1. Dua orang kanak – kanak menghadap antara satu sama lain berpegang
tangan untuk menjadi sarang.
2. Seorang kanak – kanak lagi
menjadi burung jongkok dalam sarang.
3. Terdapat juga beberapa burung di
luar sangkar yang tidak mempunyai sangkar.
4. Apabila instruksi, “ Burung terbang
! “ ataupun bunyi wisel semua burung
perlu terbang di luar sarang, termasuk burung yang tidak mempunyai sangkar.
5. Apabila instruksi, “ Burung pulang !
“ ataupun bunyi wisel, semua burung perlu mencari sangkar.
6. Burung tidak boleh kembali ke
sangkar asal mereka dan mesti bertukar sangkar lain.
7. Ulang beberapa kali.
8. Kanak – kanak yang menjadi sarang
pula bertukar menjadi burung.
9. Ulang permainan itu berapa kali.
Versi 2
1. Berikan
instruksi Burung, sangkar atau kebakaran secara acak.
2. Jika
instruksinya adalah burung, maka anak-anak yang menjadi burung harus mencari
sangkar lain, sedangkan ketika instruksinya adalah sangkar maka anak yang
berperan sebagai sangkar harus mencari burung lain.
3. Jika
instruksi nya adalah kebakaran, maka semua anak berhamburan dan berganti
pasangan.
4. Ulang beberapa kali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar