Kamis, 29 Desember 2016

Artikel Tentang Manfaat Tumbuhan



ARTIKEL TENTANG MANFAAT TUMBUHAN

Tumbuhan adalah sumber kehidupan yang ada di sekitar kita.Bagian-bagian tumbuhan ada akar, batang, daun, buah dan biji. Akar berfungsi sebagai penyangga dan menyerap air dari dalam tanah. Batang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya daun. Daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Buah berfungsi sebagai makanan untuk dikonsumsi dan biji berfungsi sebagai bakal tumbuhan baru. Dari bagian-bagian tumbuhan serta fungsinya tersebut dapat memberikan banyak manfaat, seperti :
1.      Tumbuhan Untuk Dikonsumsi
Tumbuhan    bisa    dikonsumsi  baik   daun    maupun    buahnya.    Tumbuhan mengandung karbohidrat, vitamin, serat, dan lemak. Dengan mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan tersebut bisa juga membuat kulit jadi lebih cerah dan sehat serta dapat mempercantik tubuh kita.
2.      Tumbuhan Membuat Udara dan Lingkungan Menjadi Sejuk
Dengan   banyaknya   tumbuhan   yang   kita tanam, dapa  t membuat   udara yang kita hirup menjadi   bersih dan  lingkungan pun akan  terasa  sejuk  sehingga selalu  merasa adem  dan nyaman.
3.      Tumbuhan Pelindung Dari Sinar Matahari
Pada   saat siang  hari  sang  surya  memancarkan  sinarnya,  cuaca  akan terasa panas sekali. Mengingat  sinar  matahari  tidak  baik untuk  kesehatan,  jadi gunakanlah  payung ketika di siang hari saat berjalan kaki dan rajin-rajinlah menanam tumbuhan di  berbagai   pekarangan rumah anda. Maka anda akan merasakan kesejukannya dan sinar matahari pun tertutupi oleh tumbuhan.
4.      Tumbuhan Bisa Di Olah Jadi Kerajinan Tangan
Tumbuhan   yang   memiliki  batang  besar,  batangnya  tersebut  bisa  di  manfaatkan  untuk membuat  perabotan  rumah  tangga  dan  nilai-nilai seni lainya. Seperti Tumbuhan Jati yang batangnya  banyak  di gunakan untuk  keperluan  membuat interior rumah, berupa kursi atau lemari. Tentu saja itu bisa menghasilkan uang.
5.      Tumbuhan Bisa di Jadikan Obat Kesehatan.
Seperti  jahe, cengkeh  dan  mengkudu  ini  bisa digunakan untuk kesehatan manusia, seperti Jahe ini bisa digunakan sebagai obat masuk Angin setelah di olah sedemikian rupa. Jadi rajin-rajinlah untuk menanam tanaman khususnya di pekarangan rumah anda. Karena manfaat tumbuhan bagi manusia untuk kehidupan seperti, tumbuhan bisa dikonsumsi, tumbuhan dapat membuat udara dan lingkungan menjadi sejuk, tumbuhan sebagai pelindung dari sinar matahari, tumbuhan sebagai bahan untuk membuat bangunan, tumbuhan sebagai bahan untuk pembuatan pakaian, serta sebagai bahan obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar