Kamis, 29 Desember 2016

Insan Disiplin



INSAN DISIPLIN

1.      Pengertian Disiplin
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.
2.      Macam – Macam Kedisiplinan
a.       Disiplin Diri Pribadi
Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
b.      Disiplin Sosial
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat. Contoh prilaku disiplin sosial adalah melaksanakan siskamling, kerja bakti, senantiasa menjaga nama baik masyarakat.
c.       Disiplin Nasional
Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercermin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
d.      Disiplin dalam Menggunakan Waktu
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik.
e.       Disiplin dalam Beribadah
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peraturan yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin.

3.      Manfaat Disiplin
·        Menumbuhkan kepekaan
Kita menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan diri mengungkapkan perasaan kepada orang lain, termasuk orang tua.
·        Menumbuhkan kepedulian
Kita jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin membuat kita dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik ,cepat dan mudah.
·        Mengajarkan keteraturan
Kita jadi mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik.
·        Menumbuhkan ketenangan
·        Menumbuhkan percaya diri
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat kita diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu kita kerjakan dengan sendiri.
·        Menumbuhkan kemandirian
Dengan kemandirian kita dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Kita juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik.
·        Menumbuhkan keakraban
·        Menumbuhkan kepatuhan

4.      Cara Menumbuhkan Disiplin
* Langkah awal dalam mengatasi kelemahan yang sangat manusiawi adalah dengan mengenali fakta bahwa disiplin bukanlah soal yang mudah dan tidak masalah siapa anda atau dimana anda berada atau seberapa cerdas otak anda, disiplin sesungguhnya berlawanan dengan hakikat manusia itu sendiri yang cenderung malas dan egois.
* Langkah kedua adalah dengan memahami bahwa banyak disiplin yang baik bisa dibangun sejak kini dalam kehidupan seseorang. Pergi ke rumah ibadat salah satu contoh suatu kedisiplinan yang dikembangkan oleh sebagian orang dan yang diabaikan oleh sebagian orang yang lainnya.
5.      Contoh Prilaku Disiplin
Contoh prilaku disiplin di sekolah :
- Tidak terlambat masuk sekolah
- Bila keluar kelas minta izin
- Melaksanakan tugas piket
- Membuang sampah pada tempatnya
- Tidak boleh berbuat gaduh di kelas
Contoh prilaku disiplin di rumah :
- Membersihkan tempat tidur
- Membantu orang tua
- Berangkat sekolah tepat waktu
- Tidur tepat waktu
- Belajar setiap hari
Contoh prilaku disiplin di masyarakat :
- Membuang sampah pada tempatnya
- Berjalan di sebelah kiri
- Mematuhi rambu lalu lintas

6. Akibat Tidak Disiplin
- Kegiatan menjadi terhambat
- Setiap tugas tidak selesai tepat waktu
- Hati menjadi gelisah karena tergesah gesah
- Prestasi belajar menurun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar