Jumat, 30 Desember 2016

Biografi Boden Powell



BIOGRAFI LORD BODEN POWELL


            Lord Boden Powell lahir pada tanggal 22 februari 1887 di London,Inggris. Nama aslinya adalah Robert Stephenson Smyth Boden Powell. Dikalangan pandu beliau dipanggil dengan sebutan BP (bee-pee/bi-pi)atau Boden Powell. Ketika masih kecil, Boden Powell biasa dipanggil Ste, Stepe atau Stephenson dan baru dipanggil Robert atau Sir Robert setelah mendapat gelar ksatria dari raja Inggris. Ayah Boden Powell bernama Domine Boden Powell, yaitu Guru Besar Geometri Universitas Oxford dan ibunya bernama Ny. Henriette Grare Smyth. Dan ayah dari Ny. Henriette adalah William T. Smyth. Ketika Boden Powell berumur 3 tahun ayahnya meninggal, tepatnya tanggal 11 Juni1890.
            Suatu pertemuan untuk semua Pramuka diadakan di Crystal Palace di London pada 1908, di mana Baden-Powell menemukan gerakan Pandu Puteri yang pertama. Pandu Puteri kemudian didirikan pada tahun 1910 di bawah pengawasan saudara perempuan Baden-Powell, Agnes Baden-Powell,di tahun yang sama Boden Powell meminta pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jendral,Boden Powell menikah dengan Olivia santa Chair Soams  pada tahun 1912 dan dianugrahi 3 orang anak yang bernama Peter, Heather, Betty. Dan pada tahun 1926 beliau mendapat title Lord dari raja George (Inggris).Lord Boden Powell meninggal di Kenya,Afrika pada tanggal 8 januari 1941  karena masalah kesehatannya yang terus menurun, dan mengalami beberapa serangan penyakit. Ia menderita sakit kepala terus menerus, yang dianggap dokternya berasal dari gangguan psikosomatis. Sebutan untuk pramuka laki-laki yaitu Boy Scout dan Sebutan untuk pramuka putri yaitu Girl Guids.Pramuka dan Pandu Puteri merayakan 22 Februari sebagai hari B-P, tanggal lahir bersama Robert dan Olave Baden-Powell, untuk memperingati dan merayakan jasa Ketua Pramuka dan Ketua Pandu Puteri Dunia. 
            Pengalaman Boden Powell dari sejak kecil sampai beliau meninggal yang berpengaruh pada pramuka, antara lain:
1.      Ditinggal ayahnya sejak kecil dan mendapat pembinaan dari ibunya.
2.      Latihan keterampilan berenang, berlayar, berkemah dan olahraga didapat dari kakaknya.
3.      Di India membantu Letnan pada resimen 13 kavalteri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang dan ditemukan di puncak gunung,serta dapat melatih panca indra kepada kudanya yang bernama “Kimbal Ohara”.
Lord Boden Powell mengarang beberapa buku, diantaranya yang sangat terkenal yaitu:
1.      Aids to Scouting ( 1907 )
2.      Scouting For Boys ( 1908 )
3.      The Jungle Book ( 1916 )
4.      Rovering to Success ( 1922 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar