Kamis, 29 Desember 2016

Metodologi dan Pendekatan Pemahaman Dalam Psikologi Perkembangan dan Kebutuhan Peserta Didik



METODOLOGI DAN PENDEKATAN PEMAHAMAN DALAM PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

A.  Metode Observasi, Klinis, dan Etnografi
1.    Metode Observasi
Metode observasi adalah mengadakan pengamatan secara cermat, dan sistematis serta membutuhkan adanya keluwesan tertentu. Dalam hal ini, observer dapat melalui tiga cara, yaitu:
·      Introspeksi (retrospeksi)
Observer mendapatkan data-data tentang kejiwaan manusia dari laporan manusia yang diamati (dengan objek diri sendiri), dan yang melakukan introspeksi adalah ahli-ahli ilmu jiwa.
·      Introspeksi Eksperimental
Introspeksi eksperimental adalah suatu metode introspeksi yang dilaksanakan dengan mengadakan eksperimen-eksperimen secara sengaja dengan subjek yang terdiri dari beberapa orang yang dieksperimentasi.
·      Ekstropeksi
Ekstropeksi adalah metode dalam ilmu jiwa yang berusaha untuk mempelajari dengan sengaja dan teratur gejala jiwa sendiri dengan membandingkan gejala jiwa orang lain dan mencoba mengambil kesimpulan.
2.    Metode Klinis
Metode klinis ialah kombinasi dari bantuan klinis medis dengan metode pendidikan, untuk melakukan observasi terhadap pasien.
3.    Metode Etnografi
Etnografi berarti sebuah ilmu yang menjelaskan cara hidup manusia. Etnografi adalah salah satu metode kualitatif yang tertua dari riset social. Metode ini sangat tepat untuk meneliti masalah budaya, dan biasanya terpilih sebagai metode penelitian antropologi.

B.  Pendekatan Longitudinal, Transversal, Sekuensial, dan Lintas Budaya
1.    Pendekatan Longitudinal
Pendekatan longitudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu dari hidup manusia tersebut.
2.    Pendekatan Transversal atau Cross-Sectional
Pendekatan transversal atau cross-sectional adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang relative singkat.
3.    Pendekatan Sekuensial
Pendekatan sekuensial adalah pendekatan kombinasi dari longitudinal dan transversal yang dapat menyajikan gambaran perkembangan yang lebih lengkap daripada dilakukan pendekatan secara terpisah.
4.    Pendekatan Cross-Culture (Lintas Budaya)
Pendekatan cross-culture (lintas budaya) adalah pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan maupun kebudayaan yang dapat mempengaruhi perkembangan manusia.

C.  Teori Kebutuhan Peserta Didik
Terdapat lima tingkat kebutuhan dasar menurut Maslow, yaitu:
1.    Kebutuhan Fisiologis (tingkat dasar)
2.    Kebutuhan Akan Rasa Aman
3.    Kebutuhan Dicintai dan Disayangi
4.    Kebutuhan Akan Penghargaan
5.    Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri (tingkat paling tinggi)

D.  Implikasi Kebutuhan Individu Peserta Didik terhadap Pendidikan
·      Kebutuhan Jasmani
·      Kebutuhan Rasa Aman
·      Kebutuhan Akan Kasih Sayang
·      Kebutuhan Akan Penghargaan
·      Kebutuhan Akan Rasa Bebas
·      Kebutuhan Akan Rasa Sukses

E.  Perkembangan Fisik, Genetik, dan Lingkungan Peserta Didik
Perkembangan fisik atau pertumbuhan biologis merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan individu.
·      Keadaan Berat dan Tinggi Badan Anak Usia Sekolah
Badan anak bagian atas berkembang lebih lambat daripada badan bagian bawah sampai anak berusia 6 tahun. Peningkatan berat badan anak lebih banyak daripada panjang badannya, massa dan kekuatan otot secara perlahan bertambah.

F.   Implikasi Genetik dan Lingkungan terhadap Pendidikan
a.    Perubahan Ciri-ciri Seks Primer
Ciri-ciri seks primer anak laki-laki ditunjukkan dengan pertumbuhan batang kemaluan (penis) dan kantung kemaluan (scrotum) serta mengalami mimpi basah. Sedangkan pada anak perempuan ditandai dengan munculnya menstruasi.
b.    Perubahan Ciri-ciri Seks Sekunder
Ciri-ciri seks sekunder adalah tanda-tanda jasmaniah yang tidak berhubungan secara langsung dengan proses reproduksi, tetapi merupakan tanda-tanda perbedaan antara anak laki-laki dengan anak perempuan.
G. Implikasi Perkembangan Otak terhadap Pendidikan
Sama seperti aspek-aspek perkembangan lainnya, perkembangan otak juga dipengaruhi oleh interaksi hereditas dan lingkungan.



DAFTAR PUSTAKA
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar